Swarna Sarko

Ketua KPU Merangin Lantik Anggota PPK Tambahan, Satu Diantaranya Diduga Mantan Timses Pilkada 2018

IMG20190102102010

Ketua KPU Merangin melantik 48 anggota PPK tambahan. Rabu (2/1/2018).

MERANGIN,swarnajambi.co.id – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Merangin Iron Sahroni, Rabu (2/1/2018) resmi melantik 48 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) tambahan untuk Pemilu 2019 pasca putusan MK nomor 31/PUU-XVI/2018. Selain itu Iron juga melantik satu orang anggota PAW PPK dan mengukuhkan anggota PPK sebelum putusan MK tersebut.

Pelantikan yang dihadiri seluruh komisioner KPU Merangin ini bertempat diruang Pola I kantor bupati. Kendati anggota PPK tambahan sudah dilantik namun masih menyisakan persoalan, yang mana salah satu diantara yang dilantik diduga merupakan mantan tim sukses salah satu pasangan calon bupati dan wakil bupati pada Pilkada Merangin 2018 lalu.

Kepada media ini, narasumber yang minta namanya tidak di publis mengatakan bahwa oknum anggota PPK tambahan tersebut sebelumnya merupakan tim sukses, yakni anggota PPK Tabir Ilir berinisial YPT. Menurut sumber ini I merupakan tim sukses Al Haris – Mashuri (Hamas) pada Pilkada tahun 2018 lalu.

“Apo boleh yang menjadi anggota PPK sebelumnya menjabat sebagai ketua tim pemenangan kecamatan Pilkada kemaren?,” kata sumber melalui pesan WhatApps mempertanyakan nama tersebut yang hari ini ikut dilantik.

Lalu saat ditanya, apakah yang bersangkutan punya SK tim? “Saya tidak ada pegang SK, tetapi orang tahu galo kalau orang ni jadi ketua tim Hamas Tabir Ilir, di formulir model yang di PPK pasti ado tando tangannyo, ini potonyo,” tambahnya.

Terpisah, YPT usai dilantik menjadi anggota PPK, saat dikonfirmasi membantah sebagai tim sukses, dan mempersilahkan untuk mengkroscek langsug ke media Center HAMAS “Untuk tim bapak cek aja di media center HAMAS mungkin data nya masih tersimpan, bapak cek aja biar jelas,” ujar YPT kepada media ini, Rabu (2/1/2018).

Ketika poto dirinya yang mengenakan baju tim sukses Hamas diperlihatkan, ia mengakui itu dirinya namun saat diminta penjelasan dalam kegiatan apa YPT tak berkomentar.

IMG-20181227-WA0003

YPT salah satu anggota PPK tambahan, (sebelah kiri Mashuri) pada sebuah acara, foto: Ist

Sementara itu, ketua KPU Merangin Iron Sahroni ketika diminta penjelasan terkait proses rekrutmen PPK tambahan mengatakan melakukan rekrutmen melalui proses wawancara.

“Ada dua jalur, pertama teman-teman 10 besar pada seleksi PPK Pilkada 2018 kita wawancara, kedua anggota PPK 2018 yang dikurangi untuk Pemilu 2019, jadi ada sekitar 7 orang yang kita wawancara,” terang Iron dihadapan awak media.

Apakah tidak lakukan verikasi? “Ya kita verifikasi dulu secara administrasi, apakah masih memenuhi syarat sebagai anggota PPK, seperti tidak menjadi anggota parpol dan sebagainya,” tambah Iron.

Lalu, bagaimana jika anggota yang dilantik dulunya ikut menjadi tim sukses pada Pilkada 2018?. “Secara rinci tidak dijelaskan di Surat Ederan KPU RI,” singkat Iron menjelaskan saat diwawancarai.

Bagaimana jika ditemukan, ada anggota PPK tambahan yang telah dilantik ternyata mantan tim sukses? “Kami kan, punya keterbatasan akses ke 24 kecamatan, andai ada terlibat politik, mohon sampikan kepada kami dan akan ada proses lebih lanjut,” pungkas.

Jika merujuk kepada surat KPU RI nomor 1373/PP.05-SD/01/KPU/XI/2018 tentang Surat Edaran proses penambahan anggota PPK pada Pemilu tahun 2019 pascaputusan MK nomor 31/PUU-XVI/2018. Dalam hal penambahan KPU Kabupaten diminta melakukan verifikasi untuk memastikan calon anggota PPK penyelenggara Pemilu.

Download SE KPU RI Nomor  1373_Tentang Penambahan Jumlah Anggota PPK

a. tidak terdaftar sebagai anggota dan pengurus Partai Politik atau paling singkat 5 (lima) tahun tidak lagi menjadi anggota Partai Politik;
b. tidak terdaftar sebagai tim kampanye peserta Pemilihan Gubenur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Wali Kota dan Wakil
Wali Kota Tahun 2018 dan tim kampanye peserta Pemilu.dan c. memenuhi persyaratan calon anggota PPK.

Reporter : Himun Zuhri
Editor : Akhmad Ramadhan



1450 Views

Facebook

Copyright © 2015-2018. Swarnajambi.co.id, All Rights Reserved.

To Top