Swarna Tanjab

Pencairan Dana BOS Tanjabtim Lambat, Sekolah Kewalahan dan Honorer Belum Terima Gaji

Anak-anak tengah belajar di salah satu sekolah di Tanjung Jabung Timur

Anak-anak tengah belajar di salah satu sekolah di Tanjung Jabung Timur

TANJABTIM,swarnajambi.co.id – Pencairan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk Sekolah Dasar (SD) di Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) Triwulan I 2017 molor, belum lagi keterbatasan angka nominal dari dana BOS triwulan I hanya 20%.

Hal ini disesalkan oleh pihak sekolah di Tanjabtim sebagian kepala sekolah yang bertugas disana banyak yang mengeluh, ditambah lagi dengan sistem online dan perubahan mekanisme serta juknis dari panduan sinkronisasi Kemendagri dan Kemendikbud.

Keterlambatan pencairan dana BOS untuk tahun ajaran 2017 banyak mendapat pertanyaan dari masyarakat, pasalnya dana Bos triwulan pertama dibulan Mei baru ada pencairan, itupun hanya 20% padahal dulunya mencapai 25%.

Menurut salah seorang kepala sekolah yang tidak ingin di publikasi menerangkan bahwa, pencairan dana Bos triwulan pertama tahun ajaran 2017 sangat terlambat pada bulan Mei baru cair, semestimya dibulan Maret.

“Akibat dana Bos lambat cair pihak sekolah kesana kemari mencari uang untuk menutupi beberapa kegiatan disekolah mulai dari bulan Januari sampai Mei,” ungkap Kepsek ini.

Lanjutnya, yang sangat menyedihkan lagi, gaji dari beberapa guru honorer ada yang belum dibayar sampai sa’at ini. “Karena dana Bos dari 20% tidak mencukupi belanja pengeluaran selama lima bulan terakhir alias nombok,” tutupnya.

Reporter: Firdaus
Editor: Akhmad Ramadhan



1489 Views

Facebook

Copyright © 2015-2018. Swarnajambi.co.id, All Rights Reserved.

To Top