Swarna Sarko

Aksi Penyegelan Kantor Desa Titer Berujung ke Lembaga Adat Kabupaten

IMG_20190912_145241

MERANGIN,swarnajambi.co.id – Aksi penyegelan kantor desa Titian Teras (Titer) pada Selasa (10/9/2019) malam berbuntut panjang. Pasalnya forum komunikasi kecamatan Batang Masumai harus menggelar forum untuk mencari solusi atas dugaan pelecehan seksual oleh kades terhadap warganya.

Pada pertemuan yang digelar di kantor Camat Batang Batang Masumai, Kamis (12/9/2019). Persoalan tersebut belum juga mendapat keputusan, hanya berupa kesimpulan sementara dari hasil pertemuan tersebut.

Hal ini seperti disampaikan sekretaris kecamatan Batang Masumai Jaya Kusuma saat dikonfirmasi media ini, Kamis (12/9/2019). Menurut Jaya dari pertemuan tersebut kasus ini akan dilimpahkan ke lembaga adat tingkat kabupaten.

“Kesimpulan pertemuan forkopimcam, yang dihadiri tokoh masyakarat, saat ini kita serahkan ke lembaga adat kabupaten Merangin,” jelas Jaya via telepon selulernya. ” Untuk kades tak kita hadirkan pada pertemuan ini, namun ia menerima kesimpulan rapat,” tambah Jaya lagi.

Terkait dengan kondisi kantor desa yang masih disegel oleh warga menurut Jaya diputuskan untuk dibuka, hanya saja warga meminta kades tidak masuk kantor sebelum persoalan ini selesai di tingkat lembaga adat kabupaten Merangin.

“Kantor yang disegel tetap boleh di buka, perangkat boleh bekerja seperti biasa, hanya saja kades tak boleh ngantor oleh warga,” pungkas mantan Kabubbag Protokoler Humas Setda Merangin ini.

Menariknya dalam kasus ini, kasus penyegelan kantor desa Titian Teras ini berawal dari ulah kades Titian Teras Masud yang diduga melakukan pelecehan seksual terhadap warganya, secara adat di desa Masud didenda adat dengan denda 2 ekor kambing dan 40 gantang beras, namun kades tidak membayar denda yang ditetapkan tersebut.

Kabarnya atas denda tersebut kades ajukan banding ke tingkat lembaga adat kecamatan, namun putusannya lebih ringan dengan putusan denda adat 2 ekor ayam dan 2 gantang beras. Namun warga tak terima keputusan itu dengan melakukan aksi menyegel kantor desa.

Reporter : Himun Zuhri
Editor      : Akhmad Ramadhan



750 Views

Facebook

Copyright © 2015-2018. Swarnajambi.co.id, All Rights Reserved.

To Top