Swarna Sarko

Fauzi Resmi Dicoret dari DCT, Ini Tanggapan Badri Husin

IMG20180816154145MERANGIN,swarnajambi.co.id – Pasca putusan PTUN Jambi yang membatalkan Keputusan Gubernur Jambi tentang pemberhentian Fauzi sebagai anggota DPRD Merangin akibat pindah Partai. Kini giliran KPU Merangin ambil sikap terhadap status wakil ketua DPRD Merangin itu sebagai Calon Anggota Legislatif pada Pemilu 2019.

KPU Merangin melalui rapat pleno resmi mencoret Fauzi dari Daftar Calon Tetap (DCT) Anggota DPRD Merangin periode 2019-2024, Fauzi pun memiliki kesempatan selama tiga hari untuk mengajukan sengketa ke Bawaslu Merangin.

“Ya, Fauzi sudah kita coret dari DCT ini hasil putusan rapat pleno, tertanggal hari ini dan beliau bisa ajukan sengketa ke Bawaslu 3 hari setelah keputusan ini,” ujar ketua KPU Merangin Iron Sahroni, Rabu (13/3/3018).

Saat ditanya atas dasar apa pencoretan Fauzi dari DCT, Iron menjelaskan berdasarkan SK gubernur Jambi tentang pengaftipan kembali Fauzi menjadi anggota DPRD Merangin.

Lalu bagaimana dengan nama Fauzi yang masih ada di surat suara, dan jika masih ada yang memilihnya, bagaimana dengan perhitungan suara atas nama Fauzi nanti?.

“Kita akan surati dan koordinasikan PPS lewat PPK terkait pencoretan beliau, nanti diumumkan pada saat pemungutan suara bahwa nama yangbersangkutan sudah dicoret, dan jika masih ada yang memilih beliau, suaranya sah untuk partai,” lanjut Iron.

Ditanya lagi, bagaimana jika Fauzi mengajukan gugatan sengketa Pemilu ke Bawaslu Merangin dan hasilnya memenangkan beliau, mengingat ia pernah dinyatakan tidak terbukti melakukan pelanggaran oleh putusan Bawaslu Merangin beberapa waktu lalu.

“Kita belum bisa berandai, kita menunggu info dari pak Fauzi dan kami KPU siap berkoordinasi dengan Bawaslu jika diperlukan,” pungkas Iron.

Terpisah, ketua DPD Partai Nasdem Merangin Badri Husin yang pernah melaporkan Fauzi ke Bawaslu Merangin saat diminta tanggapan terkait mantan anggota partainya yang telah dicoret dari DCT oleh KPU Merangin, menyikapi putusan ini Badri enggan berkomentar banyak

“Biarlah sistem yang mengatur,” singkat Badri. “Abang Fauzi itu salah satu putra terbaik Merangin, dan beliau abang kita,” sambung Badri.

Reportet : Himun Zuhri
Editor     : Akhmad Ramadhan



1261 Views

Facebook

Copyright © 2015-2018. Swarnajambi.co.id, All Rights Reserved.

To Top