Swarna Jambi

Prodi Arkeologi Unja Latih Para Guru di Kerinci Menulis Jurnal Ilmiah

IMG-20190815-WA0001

Para pemateri

JAMBI,swarnajambi.co.id – Perguruan tinggi sebagai lembaga penghasil ilmu pengetahuan dituntut dengan tugas dasarnya yang dikenal dengan istilah Tri Dharma Perguruan Tinggi yang terdiri dari Pengajaran, Penelitian, dan Pengabdian.

Proses pengajaran atau belajar mengajar kerap dilakukan didalam maupun diluar kelas dengan para peserta didik, namun penelitian dan pengabdian harus langsung terjun kelapangan dan ke tengah-tengah masyarakat.

Dalam hal ini Program Studi Arkeologi Universitas Jambi memilih melakukan pengabdian masyarkat dengan menyelenggarakan pelatihan penulisan jurnal ilmiah kepada para guru SMA yang mengampu bidang studi Sejarah dan Antropologi se- Kabupaten Kerinci.

Kegiatan yang diselenggarakan, Kamis (15/8/2019) bertempat di SMK 1 Kabupaten Kerinci ini dijelaskan ketua penyelenggara Dr. Yusdi Anra, M.Pd dilakukan dengan alasan, bahwa guru dimasa kini tidak hanya harus bisa mengajar didepan kelas tapi juga harus aktif dalam melakukan penelitian dan mempublikasikannya kedalam jurnal ilmiah.

Publikasi hasil penelitian yang diterbitkan dalam jurnal ilmiah menurutnya akan dibaca khalayak ramai juga oleh para peserta didik di sekolah.
Hal ini akan memicu perkembangan pengetahuan guru dan siswa serta akan menghadirkan model pembelajaran aktif sesuai dengan tuntutan dan capaian kurikulum berbasis KKNI yang diamanat perundang-undangan.

“Selain mendapat penambahan ilmu dan tulisannya dapat dibaca publik dan siswa, menerbitkan jurnal hasil penelitian guru juga merupakan salah satu syarat pencapaian poin untuk kenaikan pangkat,” terang Yusdi Anra.

Sehingga kata Yusdi akan ada satu rangkaian yang saling terkait. Namun pada kenyataannya, meneliti dan mempublikasikannya dalam jurnal ilmiah, apalagi terindeks dan terakreditasi tidak semudah dan semulus yang dibayangkan.

IMG-20190815-WA0002

Poto bersama pemateri dan peserta pelatihan

Lebih lanjut ungkap dosen Unja ini, guru-guru SMA khususnya bidang pelajaran Sejarah dan Antropologi banyak yang terkendala dalam hal ini, sehingga sangat membutuhkan bantuan dari pihak perguruan tinggi untuk memberi pelatihan.

Tantangan ini ujarnya, yang kemudian dicoba dijawab oleh Program Studi Arkeologi Universitas Jambi melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan menyelenggarakan kegiatan Pelatihan.

Selain ketua penyelenggara kegiatan pengabdian masyarakat Dr. Yusdi Anra, M.Pd, yang dihadirkan sebagai pemateri juga hadir Prof. Yundi Fitrah, Ph.D dan Asyhadi Mufsi Sadzali, S.S.,M.A sebagai anggota tim dari Program Studi Arkeologi Universitas Jambi.

Secara umum, kegiatan yang diselenggarakan tahun 2019 ini berjalan sesuai rencana dengan sumber dana berasal dari PNB Fakultas Ilmu Budaya Universitas Jambi.

Dimana saat kegiatan berlangsung jelas Yusdi peserta yang hadir juga antusias serta aktif bertanya terutama terkait metodologi penelitian ilmu humaniora dan budaya, serta cara-cara penulisan dan penerbitannya di jurnal ilmiah.

Menangkap dari proses tanya jawab dengan peserta pelatihan, dapat disimpulkan bahwa kendala para guru banyak terjadi pada hal teknis penulisan dan cara menerbitkan tulisan hasil penelitian ke jurnal.

“Banyak dari guru-guru SMA tidak memiliki link dan akses terhadap jurnal bidang ilmu humaniora dan budaya, sehingga para guru ini sering terkendala bahkan tidak jarang harus mengeluarkan dana yang tidak sedikit jumlahnya dalam proses penerbitan jurnal,” sambungnya.

Dalam hal inilah kemudian Prodi Arkeologi Universitas Jambi turun langsung ke tengah-tengah para guru menawarkan solusi dan bantuan penerbitan tulisan hasil penelitiannya di jurnal Titian yang dikelola oleh pihak Fakultas Ilmu Budaya Universitas Jambi.

Jurnal Titian Fakultas Ilmu Budaya dalam satu tahunnya terbit sebanyak dua kali, yakni volume satu terbit pada bulan Juni, dan Volume dua terbit pada bulan Desember. Untuk mengakses, membaca, dan mengirimkan tulisan ke Jurnal Titian Fakultas Ilmu Budaya, bisa dilakukan secara online, yakni dengan mengakses link, www.jurnaltitian.fib.unja.ac.id

Sejak pertama terbit di tahun 2015, jurnal Titian telah menerbitkan puluhan tulisan bidang kajian ilmu humaniora dan budaya dari berbagai kalangan, tidak hanya dosen, guru bahkan juga para pemerhati sejarah dan budaya.

Jurnal Titian mengusung visi dan misi mengembangkan dan memajukan kebudayaan melayu, sehingga fokus dan tema tulisan yang diterbitkan dalam jurnal Titian ber-genre kebudayaan melayu, khususnya kebudayaan melayu Jambi.

Diharapkan pada volume kedua bulan Desember tahun 2019, akan terbit tulisan-tulisan dari peserta pelatihan penulisan karya ilmiah, yakni dari guru-guru SMA bidang sejarah dan antropologi yang ada di Kabupeten Kerinci pasca mengikuti pelatihan.

“Tentu dunia pendidikan kita akan semakin menarik, dimana para murid SMA di Kabupaten Kerinci dapat membaca tulisan gurunya di jurnal Titian Fakultas Ilmu Budaya Universtas Jambi, atau dijurnal lain yang tak kalah bergengsinya,” pungkasnya.

Reporter : Himun Zuhri
Editor      : Akhmad Ramadhan



59 Views

Facebook

Copyright © 2015-2018. Swarnajambi.co.id, All Rights Reserved.

To Top