Swarna Jambi

Kopipede Jambi Gelar Lomba Orasi Kepemiluan

IMG-20190217-WA0003JAMBI,swarnajambi.co.id – Komunitas Peduli Pemilu dan Demokrasi (KOPIPEDE) Provinsi Jambi tak henti-hentinya membuat inovasi dan kreasi kegiatan dalam hal memberikan pendidikan politik pemilih cerdas bagi masyarakat.

Kali ini pendidikan politik dilakukan dengan menyelenggarakan Lomba Orasi Kepemiluan tingkat mahasiswa yang dilaksanakan pada, Minggu, (17/2/2019) tepatnya di bawah Patung Pahlawan Jambi, Sultan Thaha Syaifuddin Kawasan Kantor Gubernur Jambi.

IMG-20190217-WA0002
Lomba ini diselenggarakan bekerjasama dengan KPU Provinsi Jambi yang menyediakan banyak hadiah bagi para pemenang lomba, lomba orasi ini diikuti oleh puluhan mahasiswa dari universitas di Jambi, dengan menghadirkan dewan Juri Bahren Nurdin Sekjend KPPD RI, Tri Imam Munandar Dosen Fakultas Hukum UNJA dan Desy Arianto direktur D’Win Riset N Consulting.

Meskipun Jambi sempat diguyur hujan sejak malam sampai pagi, pantauan dilapangan lomba orasi sangat meriah, peserta bersemangat berorasi dengan menghadirkan ratusan supporter yang terus memberikan semangat dan mengikuti setiap teriakan orator.

Penilaian lomba dibagi menjadi tiga, yaitu: substansi, public speaking dan kostum. Setelah bersaing ketat, juara pertama orasi diraih oleh Aqil Ardi Novanto, Dony Anggara dan Yurita Meilani semuanya mahasiswa Ilmu Politik Fisipol Universitas Jambi dimana hadiah uang pembinaan langsung diserahkan oleh Komisioner KPU Provinsi Jambi Sanusi, S.Ag., MH.

Inisiator kegiatan Ketua KOPIPEDE Provinsi Jambi Mochammad Farisi, LL.M menjelaskan bahwa kegiatan ini bentuk nyata partisipasi masyarakat dalam mensukseskan Pemilu 2019.

IMG-20190217-WA0004
“Kami berkreasi melakukan electiontaimen sehingga pendidikan politik pemilih cerdas tidak monoton didalam ruangan dan forum-forum diskusi, namun dengan lomba orasi ini juga melatih mahasiswa mengasah daya kritis dan kemampuan berbicara didepan public serta mental yang tangguh,” ujar Faris begitu namanya kerap disapa.

Lebih lanjut mantan Timsel KPU Kabupaten/Kota mengharapakan dengan berbagai metode pendidikan pemilih, masyarakat semakin cerdas dalam menentukan pilihan di Pemilu pada Rabu, 17 April 2019 nanti.

Reporter : Himun Zuhri
Editor      : Akhmad Ramadhan



280 Views

Facebook

Copyright © 2015-2018. Swarnajambi.co.id, All Rights Reserved.

To Top