Advertorial

2 Kali Seminggu Cuci Darah, Doli Muhammad Warga Bungo Terbantu BPJS Kesehatan

2 Kali Seminggu Cuci Darah, Doli Muhammad Warga Bungo Terbantu BPJS Kesehatan

2 Kali Seminggu Cuci Darah, Doli Muhammad Warga Bungo Terbantu BPJS Kesehatan

MUARA BUNGO,swarnajambi.co.id – Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang diselenggarakan BPJS Kesehatan beroperasi 1 Januari 2014 banyak membiayai kasus Katastropik. Salah satunya tindakan Hemodialisa atau cuci darah bagi pasien gagal ginjal.

Gagal ginjal adalah kondisi dimana ginjal kehilangan kemampuannya untuk menyaring cairan dan sisa-sisa makanan. Saat kondisi ini terjadi, kadar racun dan cairan berbahaya akan terkumpul di dalam tubuh dan dapat berakibat fatal jika tidak diobati.

Doli Muhammad (55), seorang warga Kecamatan Pasar Muara Bungo, Sejak 6 bulan terakhir divonis menderita gagal ginjal, saat divonis menderita gagal ginjal, Doli tidak menyangka biaya pengobatan mahal.

“Dahulu sebelum divonis menderita gagal ginjal, saya mengalami gaya hidup tidak sehat sering minum jamu pabrikan dan jarang sekali minum air mineral. Saya kalau tidak cuci darah dalam seminggu tubuh terasa lemas, tidak bertenaga” Ujar Doli di Ruang Hemodialisa RSUD H. Hanafie Muara Bungo.

Doli harus menjalani cuci darah minimal 2 kali dalam seminggu untuk menyambung hidup. Beruntung dirinya telah terdaftar sebagai peserta JKN-KIS sehingga tak perlu lagi memikirkan biaya cuci darah karena sudah dijamin sepenuhnya oleh BPJS Kesehatan.

“Kalau biaya normal ya Rp 900.000,- setiap cuci darah dan tentu saya tidak sanggup membayarnya. Tapi, karena ada program BPJS ini, saya bisa terus cuci darah,” katanya.

Reporter : Hendri Efendi



115 Views

Facebook

Copyright © 2015-2018. Swarnajambi.co.id, All Rights Reserved.

To Top