Swarna Sarko

Ada Apa Ya?, “Hingga Pulang”, Ketua KPU Merangin Belum Terpilih

IMG-20181224-WA0001

Tampak Komisioner KPU Merangin Periode 2018-2023, kiri : Hairul Ihwan, Adam Kurniawan, Hayatul Muqhiroh, Iron Sahroni dan Syobirin. Foto: Ist

MERANGIN,swarnajambi.co.id – Lima komisioner KPU Kabupaten Merangin terpilih telah dilantik oleh KPU RI pada, Senin (24/12/2018) di Jakarta. Namun kabarnya hingga saat ini ketua KPU Merangin belum juga di tentukan yang mana berdasarkan aturan ketua dipilih dari dan oleh anggota.

Kondisi tersebut informasinya karena Empat dari Lima anggota KPU Kabupaten Periode 2018-2023 mengajukan diri sebagai calon ketua sehingga belum tercapai mufakat untuk memilih salah satunya.

Menariknya lagi rapat pleno dengan agenda memilih ketua tidak pernah dapat terlaksana disebabkan tak quorum.

“Benar, hingga saat ini belum ada ketua, gimana mau milih ketua, forum pleno pun tidak pernah terlaksana, mungkin karena empat orang anggota semua ingin maju sebagai ketua,” ujar salah satu anggota KPU Merangin terpilih yang tak ingin namanya dimuat.

Bahkan menurutnya, hingga anggota pulang ke Merangin pemilihan ketua belum juga dapat dilakukan meskipun KPU RI telah mempersilahkan untuk memilih ketua usai prosesi pelantikan dan hal ini akan menjadi Pekerjaan Rumah (PR) pulang ke Merangin.

“Pasca dilantik, kami sudah diminta untuk melaksanakan pleno itu, tetapi tidak pernah lengkap, karena berdasarkan aturan harus di hadiri minimal empat dan disetujui tiga dari anggota tersebut, tetapi belum juga terlaksana hingga saat ini kami sudah pulang,” lanjutnya.

Sementara itu anggota lain yang juga Ketua KPU Merangin periode 2013-2018 Iron Sahroni membenarkan bahwa belum ada pemilihan ketua dan dipending untuk dilaksanakan di Merangin.

“Masih pending, karena belum ketemu nampaknyo dan ado yang mau diselesaikan dulu, nanti akan rapat di Merangin,” ujar Iron via sambungan telepon selulernya, Selasa (25/12/2018).

Lalu saat ditanya siapa yang akan memimpin dan apakah belum terpilihnya ketua akan berefek terhadap tahapan Pemilu 2019 yang sedang berjalan?. Iron mengatakan pleno akan dipimpin oleh salah satu anggota yang disepekati menjelang ketua terpilih.

“Soal tahapan tidak ada masalah karena KPU ini kolektif kolegial, jika ada surat kita paraf bersama. Mudah-mudahan, kami minta doa masyarakat Merangin dalam waktu yang tidak lama lagi akan terpilih ketua baru KPU Merangin,” ujarnya.

Ditanya lagi soal penyataannya maksud kata “ketua baru” apakah KPU Merangin akan dipimpin ketua yang baru atau ketua melanjutkan?. Iron menjawab santai sembari tertawa kecil.

“Yang jelas ketua 2018-2023,” tegas Iron lagi, saat disinggung apakah dirinya tidak mencalonkan diri kembali?. “Itu kagek, kalau abang tentu berdoa dan berharap,” ungkap mantan ketua Panwaslu kabupaten Merangin beberapa tahun lalu mengakhiri konfirmasi ini.

Untuk diketahui, berdasarkan informasi Empat KPU Kabupaten/Kota se Jambi yang dilantik bersamaan selain KPU Kabupaten Merangin juga masih ada dua daerah lain yang belum selesai melaksanakan pleno pemilihan ketua.

Reporter : Himun Zuhri
Editor      : Akhmad Ramadhan



1528 Views

Facebook

Copyright © 2015-2018. Swarnajambi.co.id, All Rights Reserved.

To Top