Swarna Sarko

Soal Agen dan Pangkalan LPG Nakal, Pemkab Segera Ambil Tindakan

IMG20190724103834

Aktivitas bongkar muat gas elpiji 3 Kg di Gudang PT. Putra Siarang, terlihat mobil milik pangkalan yang menjemput gas tersebut ke gudang agen

 

MERANGIN,swarnajambi.co.id – Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah, Perdagangan dan Perindustrian (DKUKMPP) Kabupaten Merangin M Ladani kecewa terhadap sikap nakal yang dilakukan oleh agen dan pangkalan gas.

Dikonfirmasi melalui sambungan telepon, Ladani juga menyakini jika tingginya harga gas dimasyarakat karena biaya operasional pangkalan yang tinggi, karena pihak pangkalan menjemput langsung kepada agen.

“Dalam aturan, pangkalan terima gas dipangkalan. Artinya gas diantarkan langsung oleh agen,” kata Ladani, Kamis (25/7/2019).

Menurut dia, beberapa waktu lalu pihaknya telah turun kelapangan untuk melakukan sidak ke beberapa pangkalan, dan itu terbukti jika pihak pangkalan mengakui ada yang menjemput langsung gas betsubsidi tersebut di agen.

Lebih lanjut, ia juga menyebut jika ada pihak agen dan yang sengaja mendistribusikan gas langsung kepada pengecer, hal itu kata ladani seperti diakui oleh pihak pengecer kepadanya.

“Tapi mereka tidak mau menyebut agen mana atau pangkalan mana yang menyuplai gas itu,” imbuhnya.

Terkait dengan adanya dugaan agen menjual gas kepada pengecer, Ladani sangat menyayangkan hal itu. Sebab distribusi elpiji untuk masyarakat miskin ini terakhir di pangkalan, bukan pengecer.

“Harusnya dari agen ke pangkalan, pangkalan mesdistribusikan langsung ke masyarakat, bukan ke pangecer,” terangnya.

Untuk permasalahan ini, pihaknya akan mengambil tindakan. Tim yang telah dibentuk oleh pemerintah daerah akan memanggil pihak agen, pangkalan, dan berkoordinasi dengan Hiswana Migas, juga pihak Pertamina untuk membahas persoalan ini.

“Dalam waktu dekat kita akan panggil mereka,” pungkasnya.

Diketahui, pada pemberitaan sebelumnya, salah satu mobil agen gas elpiji yang mendistribusikan gas subsidi di Kabupaten Merangin dari PT. Putra Siarang mendistribusikan langsung kepada salah satu pengecer yang ada di kota Bangko

Reporter : Himun Zuhri
Editor      : Akhmad Ramadhan



384 Views

Facebook

Copyright © 2015-2018. Swarnajambi.co.id, All Rights Reserved.

To Top