Advertorial

BPJS Kesehatan Sarolangun Spotcheck Distribusi Kartu PBI

BPJS Kesehatan Sarolangun Spotcheck Distribusi Kartu PBI

BPJS Kesehatan Sarolangun Spotcheck Distribusi Kartu PBI

SAROLANGUN,swarnajambi.co.id – BPJS Kesehatan sebagai Badan Hukum Publik penyelenggara Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) melakukan kegiatan spotcheck, ini merupakansalah satu cara memastikan bahwa Peserta mendapatkan haknya.

Hal itu lah yang dilakukan BPJS Kesehatan Kantor Kabupaten Sarolangun, Provinsi Jambi, Kamis (06/12). Tak hanya itu, Duta BPJS Kesehatan yang melakukan spotcheck juga harus memastikan bahwa kartu yang diterima adalah benar sesuai yang ada di kartu keluarga dan melakukan sosialisasi kepada peserta yang memiliki kepesertaan ganda dengan segmentasi lain.

Jika dalam pelaksanaannya ditemukan peserta yang bersangkutan telah meninggal ataupun peserta belum terdaftar, maka harus mengumpulkan informasi yang cukup atau bukti administrasi yang mendukung untuk ditindaklanjuti. Tak sedikit masyarakat yang mengapresiasi dan merasa sangat terbantu atas kegiatan tersebut.

BPJS Kesehatan Kabupaten Sarolangun diwakili Staf Kepesertaan dan Pelayanan Peserta melakukan spotcheck di Desa Pematang Kabau Kecamatan Air Hitam Kabupaten Sarolangun. Akses jalan dilewati kurang lebih ditempuh dua jam dari Sarolangun. Medan jalan dilewati masih tanah berlubang dan tergenang air.

“Kami tetap melanjutkan perjalanannya walaupun sulit, lelah, namun dengan penuh semangat dan ini adalah sebagai bagian dari tugas kami. Spotcheck kami lakukan sampai kedaerah yang notabene secara geografis sangat sulit diakses,” ujar Jhoni.

Jumarno, salah seorang penerima KIS yang menjadi salah satu tujuan spotcheck mengaku menjadi peserta Program JKN. Berkat program ini,ia dan keluarga berobat tanpa dipungut biaya apapun.

“Kami sangat berterimakasih dengan adanya program JKN-KIS ini dimana adanya kartu tersebut membuat kami tidak perlu memikirkan biaya untuk berobat. Sebagian besar penduduk disini adalah masyarakat kecil yang bekerja sebagai petani yang menanam Kelapa Sawit dan Karet yang penghasilannya hanya pas sehari-hari untuk makan,” ucap Jumarno bersyukur.

Fokus ke-2 dari 3 Fokus Utama BPJS Kesehatan di tahun 2018 adalah meningkatkan kepuasan peserta, baik dari segi layanan administrasi maupun kemudahan peserta mengakses layanan fasilitas kesehatan dan peningkatan mutu layanan fasilitas kesehatan dengan cara standardisasi proses layanan, optimalisasi kanal layanan dan yang ditekankan dalam kegiatan spotcheck ini adalah peningkatan kepemilikan KIS.

Reporter : Akhmad Ramadhan



504 Views

Facebook

Copyright © 2015-2018. Swarnajambi.co.id, All Rights Reserved.

To Top