CARA MEMPERKUAT SISTEM IMUN DALAM TUBUH UNTUK PENCEGAHAN VIRUS CORONA

Pada saat ini, Indonesia memiliki jumlah kasus positif corona dengan jumlah 8000 kasus positif corona. dan Indonesia merupakan Negara no 1 seasia tenggara dengan kematian dari virus corona ini. Virus corona ini memang menyerang siapa saja dan lebih berbahaya bagi usia 40 tahun keatas. Virus corona menyerang sistem kerja imun dalam tubuh sehingga pasien yang terkena akan merasakan batuk, demam, pusing serta muntah.

Dalam upaya pencegahan, sebenarnya kita tidak perlu khawatir karena kita bisa mencegah penyebaran virus ini dengan meningkatkan daya tahan tubuh kita. Pemerintah mengajurkan kita untuk gaya hidup sehat agar memperkuat sistem imun dalam tubuh. Ada banyak cara untuk memperkuat sistem imun dalam tubuh. Simak penjelasannya dibawah ini !

1. Istirahat yang Cukup

Tidur pada malam hari adalah cara termudah untuk memperkuat sistem imun dalam tubuh asalkan tidur kita mempunyai kualitas tidur yang bagus. Menurut para ahli, orang dewasa membutuhkan tidur selama 7-9 jam setiap harinya. Karena jika kita kurang tidur maka tubuh tidak bisa memproduksi sitokin dengan jumlah yang banyak. sitokin adalah protein yang mampu melawan infeksi dan peradangan secara efektif untuk menciptakan respons imun. Sitokin ini bisa kita dapatkan selama kita tertidur.

Tidur yang berkualitas juga bisa memproduksi sel T yang ada di dalam tubuh. Sel T ini adalah kelompok sel kekebalan tubuh yang mampu berperan penting dalam sistem imun terhadap virus. Sel T ini akan menyerang dan menghancurkan virus di dalam tubuh. Selain itu, tidur yang berkualitas akan meningkatkan respons sistem kekebalan tubuh terhadap penyakit.

2. Makanan Bergizi Seimbang

Makanan bergizi seimbang adalah susunan pangan sehari-hari yang mengandung zat gizi dalam jenis dan jumlah sesuai untuk kebutuhan tubuh. Caranya yaitu dengan memperhatikan prinsip keanekaragaman pangan, aktivitas fisik, memantau berat badan dan menerapkan hidup bersih.

3. Rajin Berolahraga

Untuk meningkatkan sistem imun tubuh dalam melawan virus corona yaitu dengan cara berolahraga. Olahraga sangat penting karena dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Menurut ahli, olah raga bisa merangsang kinerja antibodi dan sel-sel darah putih. Sel darah putih adalah sel kekebalan tubuh yang bisa melawan berbagai penyakit.

Dengan berolahraga, sel darah putih bisa bersirkulasi lebih cepat dan hasilnya sel tersbeut akan bisa mendeteksi lebih awal penyakit yang ada di dalam tubuh. Dan olah raga juga bisa membantu mengeluarkan bakteri dari paru-pari dan saluran pernapasan. Inilah manfaat dari berolahraga untuk mengurangsi resiko terjangkit flu atau penyakit lainnya.

4. Jangan Merokok

Hindari merokok atau jangan merokok untuk meningkatkan daya tahan tubuh karena dengan merokok merugikan kesehatan tubuh dan paru-paru. Nikotin yang terkandung pada rokok dapat meningkatkan hormone stress yang akan mengurangi pembentukan antibody sel B dan respon antigen sel T sehingga tubuh akan rentan dan mudah terkena berbagai virus.

5. Kelola Stres dengan Baik

Cara terkahir yaitu agar memperkuat sistem imun dalam tubuh dengan mengelola stress. Stress bisa memicu tubuh untuk memproduksi hormone kortisol. Hormon ini bisa membuat sisten imun melemah, semakin banyak produksi hormone kortisol dalam tubuh, semakin lemah imun dalam tubuh. Ketika stress menyerang, kamu bisa mengelola atau menghindari stress seperti melakukan hobi, aktif bersosialisasi atau berolahraga.

Itulah beberapa cara untuk meningkatkan daya tahan tubuh untuk pencegahan virus corona masuk didalam tubuh. Tetap waspada dan stay safe !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Releated

Pengertian Vaksin HPV dan Manfaatnya

Vaksin HPV merupakan salah satu jenis vaksin yang berfungsi untuk mencegah infeksi virus human papilomavirus (HPV), sehingga si penerima vaksin akan terhindar dari berbagai jenis kanker. Ya, jenis kanker tersebut diantaranya adalah kanker serviks (leher rahim), kanker mulut, kanker tenggorokan, dan kanker di area kemaluan.  Seberapa Besar Risiko Penularan HPV Jika Tidak Mendapatkan Vaksin HPV? […]

Anda Ingin Sehat? Berikut Makanan Sehat Yang Bisa Anda Konsumsi Setiap Harinya

Kesehatan merupakan harta yang tidak ternilai bagi manusia. Karena dengan tubuh yang sehat, kita bisa melakukan berbagai aktivitas sehari-hari tanpa ada kendala apapun. Dengan tubuh yang sehat kita bisa beribadah dengan khusyu. Dengan tubuh yang sehat kita bisa bercengkrama dengan keluarga tercinta, dan lain sebagainya. Agar tubuh selalu sehat tentunya anda harus memiliki gaya hidup […]