Anda Ingin Sehat? Berikut Makanan Sehat Yang Bisa Anda Konsumsi Setiap Harinya

5 Olahan Makanan Mengandung Beta Karoten, Sehat dan Lezat Lho!

Kesehatan merupakan harta yang tidak ternilai bagi manusia. Karena dengan tubuh yang sehat, kita bisa melakukan berbagai aktivitas sehari-hari tanpa ada kendala apapun. Dengan tubuh yang sehat kita bisa beribadah dengan khusyu. Dengan tubuh yang sehat kita bisa bercengkrama dengan keluarga tercinta, dan lain sebagainya.

Agar tubuh selalu sehat tentunya anda harus memiliki gaya hidup sehat. Gaya hidup sehat ini salah satunya adalah dengan cara memperhatikan asupan makanan sehari-hari, yakni dengan memperbanyak makanan yang sehat. Makanan yang seht sering dianggap rasanya tidak enak, padahal banyak juga makanan yang sehat dengan rasa yang lezat. Karena dengan mengkonsumsi makanan yang sehat itu banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan tubuh kita. Makanan yang sehat itu umumnya mencakup berbagai nutrisi dalam jumlah yang memadai, termasuk vitamin dan mineral. Maka dari itu, dalam kesempatan kali ini akan membahas tentang beberapa makanan sehat dan tidak sehat sebagai berikut :

Makanan Sehat Yang Harus Anda Konsumsi

1. Sayuran Hijau & Buah-Buahan

Sayuran hijau ini menempati urutan pertama yang termasuk makanan sehat, karena sayuran hijau ini memiliki kandungan nutrisi yang sangat lengkap. Sayuran hijau ini misalnya bayam, brokoli, dan sawi hijau dengan kandungan serat yang cukup tinggi. Selain sayuran hijau, buahan-buahan juga merupakan makanan sehat yang banyak mengandung vitamin. Dari sekian banyak buah-buahan, ada beberapa buah yang kaya akan nutrisi, yakni : apel, yang banyak mengandung serat, antioksidan, dan vitamin C. Jeruk, yang kaya akan kandungan vitamin C. Alpukat, yang kaya akan lemak sehat, vitamin C, dan kalium. Pisang, yang merupakan sumber kalium. Buah-buahan berry, seperti blueberry dan strawberry karena selain rendah kalori juga kaya akan serat dan antioksidan.

2. Ikan & Makanan Laut Lainnya

Berbagai macam makanan dari laut, khususnya ikan adalah merupakan jenis makanan yang sehat yang sangat kaya akan kandungan asam lemak omega-3 dan yodium. Menurut penelitian, orang yang sering mengkonsumsi ikan laut cenderung lebih panjang umur serta memiliki resiko lebih rendah terhadap berbagai penyakit.

3. Susu

Susu ini sangat tinggi akan vitamin, mineral, protein hewani, dan lemak sehat. Susu ini juga merupakan salah satu sumber kalsium terbaik. Dalam hal ini, anda bisa mengkonsumsi susu dengan berbagai bentuk olahan susu, seperti yoghurt, dan keju. Yoghurt ini banyak mengandung bakteri yang baik untuk sistem pencernaan anda.

4. Daging & Telur

Perlu anda ketahui bahwa daging ini merupakan salah satu makanan sehat yang banyak mengandung nutrisi. Misalnya daging sapi tanpa lemak yang merupakan sumber protein serta zat besi yang lebih tinggi dibandingkan dengan daging yang lainnya. Adapun telur termasuk sebagai salah satu makanan yang kaya akan gizi karena mengandung protein, dan nutrisi yang tinggi.

Makanan/MInuman Tidak Sehat Yang Harus Dihindari

* Makanan Kemasan

Biasanya makana kemasan ini mengandung banyak garam, gula, bahan pengawet, perasa buatan, dan bahan lainnya. Tentunya semua kandungan tersebut tidak baik untuk kesehatan tubuh. Oleh karena iitu sebaiknya kurangi/hindari makanan kemasan.

* Alkohol

Alkohol ini bisa membuat anda dehidrasi, membuat mabuk, dan mengganggu pola tidur anda.Tentunya hal ini bisa mengganggu kesehatan anda. Oleh karena itu, untuk hidup yang sehat maka hindari dari mengonsumsi alkohol. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Releated