Pandemi Belum Berakhir, Apakah Aman Kredit HP Baru?

Handphone kini dianggap sebagai bagian dari kebutuhan hidup. Dengan fitur yang canggih, HP sangat dibutuhkan untuk mendukung kondisi saat ini. Karena sebagian orang, termasuk mungkin kamu, masih banyak beraktivitas di rumah (work from home) atau sekolah online. 

Pandemi belumlah berakhir, sementara jika ada kebutuhan mendesak untuk membeli HP baru, maka harus kamu putuskan dengan bijak termasuk jika ingin memanfaatkan fitur kredit hp cicilan dari berbagai fintech. Apalagi jika kondisi ekonomi masih sedang mencoba bangkit. 

Inilah beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan sebelum memutuskan untuk membeli HP baru secara kredit.

  1.  Manfaat dan Kelebihan

Dengan membeli secara kredit hp cicilan, kamu akan mendapat beberapa manfaat. Yakni bisa menyisihkan penghasilan tanpa harus menunggu tabunganmu cukup. Kamu juga tidak akan merasa tabungan terkuras.

Pilihan kredit juga memberikan keleluasaan dalam mengatur cash flow. Kamu bisa tahu dan mencatat berapa pemasukan dan pengeluaran setiap bulan dengan nyaman. Sisa anggaran setelah untuk pemenuhan kebutuhan primer pun bisa kamu atur untuk yang lain.

Dengan cara kredit, keuangan kamu juga akan lebih terkontrol, sehat, kebutuhan lain tidak terhambat dan tidak memicu konflik keuangan yang panjang.

  1.  Menambah Modal

Pastikan, jika penggunaan HP baru kamu yang dibeli dengan cara kredit itu akan menunjang usahamu lebih produktif dan berkualitas. Tidak hanya untuk piranti hiburan atau bermain saja. Ini sebabnya, buat tujuan bahwa dengan HP baru, kamu bisa lebih kreatif dan menghasilkan nilai tambah.

Adanya komitmen seperti ini, kamu akan lebih termotivasi untuk bekerja lebih keras dan berdisiplin mengatur keuangan. Sementara HP baru bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan tambahan modal usaha. Misalnya saja, kamu bisa juga berjualan secara online dan mendapatkan keuntungan, di sela aktivitas utama. 

Atau, kamu bisa menjadi fotografer jika memanfaatkan fasilitas kamera yang lebih baik di HP baru itu. Hasil fotografi bisa kamu ikutkan dalam lomba, atau memotret produk untuk kamu jual ke grup whatsapp kantormu. Kalau menang, kalau laku, untung yang didapat.

  1.  Fasilitas Kredit

Setelah tahu manfaat, kelebihan dan keuntungannya, pilihan ketiga agar aman adalah fasilitas kredit yang ditawarkan. Hal itu meliputi suku bunga yang rendah atau tanpa bunga sepeserpun. 

Namun perlu dilihat pula biaya lain yang dikenakan kepada kamu. Misalnya biaya ongkos kirim, administrasi dan biaya denda, jika kamu mengalami keterlambatan saat mencicil. Baca juga kontrak perjanjiannya dengan teliti

Seperti yang ditawarkan Kredivo, semua biaya akan diinformasikan secara transparan. Sehingga debitur tidak akan merasa tertipu dengan adanya biaya-biaya tersembunyi. Kredivo berikan bunga paling rendah diantara perusahaan sejenis, hanya 2,6% saja per bulan dengan cicilan 3, 6 dan 12 bulan.

Untuk cicilan tenor 3 bulan tidak perlu bayar bunga sama sekali, cukup bayar biaya adminnya saja sebesar 3%. Kredit limit yang ditawarkan Kredivo sangat besar hingga Rp30 juta bagi member premium.

  1.  Bandingkan Harga

Setiap penyedia jasa kredit HP cicilan umumnya selalu menyediakan aplikasi penyedia. Pilihlah yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Ini sebabnya, kamu perlu membandingkan harga terlebih dahulu. 

Harga HP yang lebih rendah atau diskon yang besar, biasanya diberikan jika kamu memilih menggunakan fasilitas kartu kredit. Hal ini dikarenakan penyedia bekerja sama dengan perbankan dan harus kamu pertimbangkan dengan matang.

Pilihlah harga HP yang cicilannya tidak lebih dari 30% pendapatanmu. Kenapa? Supaya kamu masih bisa bayar PLN, PDAM, belanja kebutuhan sehari-hari seperti makan, kuota dan yang lainnya.

  1.  Promo

Sebentar lagi, akan tiba akhir tahun yang biasanya disemarakkan dengan banyaknya promo e-commerce. Umumnya, promo besar-besaran termasuk diskon dan kredit bunga 0 persen akan banyak ditawarkan oleh marketplace. Kamu bisa mempertimbangkan untuk melakukan pembelian secara kredit pada saat itu. 

Selain tanpa bunga, beberapa e-commerce juga menawarkan kredit tanpa uang muka.  Ada pula yang tidak perlu menggunakan kartu kredit yang untuk mengurusnya saja kamu tidak memiliki waktu. Intinya, pilih yang simpel saja.

  1.  Aplikasi Kredit

Ada banyak aplikasi kredit yang memberikan layanan yang memudahkan. Tanpa uang muka, tanpa survey, tanpa bunga, hingga tanpa kartu kredit. Kamu bisa memilih aplikasi itu sebagai penolong kamu untuk memiliki HP secara kredit seperti Kredivo yang sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK. Pilih yang punya kepastian hukum dengan jelas ya. 

Jadi, sah-sah saja membeli HP baru secara kredit di masa pandemi ini. Namun yang wajib diingat, pertimbangkan untuk mengasuransikan ketika proses pengiriman, lindungi pula HP kamu dengan screen protector atau full protection. Jangan sampai HP kamu rusak sebelum cicilan kredit dinyatakan lunas. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Releated

Bermain Game di Android? Pakai Aplikasi GGWP!

Apakah kamu termasuk salah satu pemain esport? Apabila ya, tentu kamu familiar dengan aplikasi GGWP. Apalagi, banyak juga review aplikasi GGWP yang menjelaskan keuntungan bagi para pemain esport ketika menggunakan aplikasi yang satu ini. Makanya, tidak heran juga apabila aplikasi ini juga banyak menjadi incaran oleh para gamers yang mengikuti turnamen esport. Sementara itu, terdapat […]

Mito digifry Merupakan Air Digifry yang Recomended

Untuk ibu-ibu di rumah dalam upaya memudahkan urusan rumah tangganya, kini seiring dengan perkembangan teknologi sudah tersedia teknologi yang bisa mengantarkan ibu ibu yang suka memasak dengan dimanjakan oleh produk yang bernama digifry. Alat ini adalah alat untuk menggoreng dengan teknologi yang namanya teflon. Namun berbeda dengan mito digifry yang menggunakan teknik dengan cara menguatkan […]