5 Contoh Usaha Rumahan untuk Ibu Rumah Tangga

https://lh3.googleusercontent.com/pmTW3ZeuJ1Zvv26D4Jo-cBm8rDWqdBjuDbzmDrLLQGot-2UAL3jyU4Tv1qtE3u6m1ALUNEOSZBF9Ku2EPA3dF-4hrBsAX34N-DnVRIBY6ZmhHhKqqI6l_xATAJOwxiO2T3YEjfZh

Bagi istri yang suaminya terdampak oleh pandemi virus covid19, tidak perlu patah arang dengan apa yang sudah terjadi. Ada banyak contoh usaha rumahan yang bisa dijalankan demi memenuhi kebutuhan harian.

Malahan ada beberapa orang yang berani mengajukan pinjaman cepat untuk tetap berusaha dan tidak mau ketinggalan kesempatan dalam berbisnis. Efek pandemi saat ini memang sangatlah berat, tetapi bukan berarti tertutup semua peluang yang ada. Sebaliknya, justru semakin banyak yang berusaha bisa survive karena terus berusaha berjuang dengan melakukan berbagai macam cara dan kreasi.

Intinya, jangan pernah patah semangat dan teruslah berjuang semampunya. Berikut adalah beberapa contoh usaha rumahan yang masih bisa dilakukan.  

1. Usaha laundry kiloan

Usaha laundry kiloan relatif tidak membutuhkan modal yang besar. Bisa menggunakan barang-barang yang ada di rumah seperti mesin cuci. Hanya perlu membeli timbangan saja untuk menentukan berapa berat cucian pelanggan yang dikonversi dengan harga yang sudah ditetapkan.

Nah, biasanya usaha laundry kiloan akan meningkat jelang libur panjang seperti lebaran, natal, dan juga libur sekolah. Pasalnya banyak keluarga yang memilih liburan atau pulang dari liburan sehingga otomatis membuat mereka menjadi enggan untuk mencuci pakain sendiri.

Solusi jitunya adalah dengan mencuci pakaian lewat laundry kiloan. Kamu bisa memberikan paket-paket dengan harga yang menarik. Misalnya paket 10kg dengan harga Rp5.500 ribu. Tidak apa untuk tipis di awal yang penting ada repeated order sehingga makin lama makin banyak yang berlangganan. Pemasarannya pun bisa lewat medsos atau dengan mengandalkan promosi dari mulut ke mulut. 

2. Usaha jahit

Usaha jahit saat ini mungkin dianggap kurang menjanjikan. Padahal ada banyak potensi jika digali sesuai dengan kebutuhan konsumen. Contohnya kamu bisa membuat face shield dari topi kemudan memasang strap sehingga bisa disambungkan dengan shield dari bahan plastik yang lentur. 

Artinya keterampilan menjahit tidak akan pernah mati asalkan kita bisa mencari celah melalui diskusi dengan konsumen atau memperhatikan trend yang dibutuhkan pasar saat ini di tengah pandemi. Beberapa penjahit yang sukses langsung mengubah proyeknya menjadi menjahit APD. Akhirnya justru membuat makin kewalahan karena tingginya pesanan. 

3. Usaha katering dan makanan siap saji

Jika kamu punya hobi masak dan cukup mendapatkan respon positif dari keluarga apalagi tetangga, jangan ragu untuk membuka usaha makanan siap saji. Indikator makananmu enak adalah dari sambalnya. Jadi, cobalah untuk membuat sambalnya terlebih dahulu. Jika sudah teruji kenikmatannya, barulah merambah ke makanan siap saji lainnya. Karena inti dari segala masakan itu terletak pada sambal dan bumbunya. 

4. Usaha dekorasi ulang tahun anak

Yakin tidak ada orang tua yang mau merayakan ulang tahun anaknya secara normal seperti biasanya? Nah, para orang tua ini perlu dibantu lho untuk menyelenggarakannya di rumah dengan cara yang aman dan nyaman buat semua anggota keluarga. Kamu bisa menyiapkan paket aksesoris ulang tahun buat di rumah. 

Jadi, paket-paket ini nantinya akan dipasang sendiri oleh orang tuanya. Kamu hanya tinggal menyiapkan bahan-bahannya serta manualnya atau cara mendekorasinya. Yang jelas semakin memudahkan orang tua memasang dan mendekorasi, akan semakin tinggi pula pesanan terhadap paket dekorasi ulang tahun yang kamu tawarkan.

5. Berjualan sembako di rumah

Cara paling sederhana membuka usaha rumahan adalah menjual sembako murah. Di sini perlu kejelian dalam mencari distributor. Cobalah dulu untuk menjual satu bahan pokok misalnya beras, tepung, minyak atau gula terlebih dahulu. Salah satu saja. Jika sudah mendapatkan distributor yang menjanjikan margin cukup adil, barulah berusaha untuk melengkapi barang kebutuhan lain sedikit demi sedikit sesuai dengan modal yang dimiliki.

Kalau dirasa sudah harus dikembangkan usahanya, jangan pusing soal mencari modal. Ada banyak fintech yang dapat memberikan pinjaman cepat cair. Salah satunya seperti Kredivo. 

Kredivo sudah terdaftar di OJK dengan nomor S-236 / NB.213 / 2018 atas nama PT FinAccel Digital Indonesia sebagai salah satu fintech yang memberikan pinjaman dana cepat cair hanya lewat aplikasi secara online. 

Limit kredit yang diberikan oleh Kredivo hingga Rp30 juta per member dengan bunga 2.95% per bulan yang dapat dicicil dengan pilihan tenor 3 dan 6 bulan. 

Ada dua produk pinjaman uang online yang ditawarkan oleh Kredivo yaitu pinjaman mini dengan maksimal limit Rp1 juta dan pinjaman jumbo dengan pengajuan mulai dari Rp1 juta. Sementara layanan kredit online tetap bisa dimanfaatkan ketika belanja di beberapa ecommerce atau merchant yang sudah bermitra dengan Kredivo.

Untuk mendaftar menjadi member Kredivo, kamu harus memenuhi persyaratan berikut:

  • Berstatus Warga Negara Indonesia (WNI).
  • Berusia antara 18 sampai 60 tahun.
  • Berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, Medan, Bali, Yogyakarta, Solo, Makassar, Malang, Sukabumi, Cirebon.
  • Berpenghasilan minimal Rp 3.000.000 per bulan.

Fintech seperti Kredivo bisa menjadi salah satu alternatif dalam kondisi pandemi. Saat kita sedang membutuhkan modal untuk usaha, dengan proses pencairan dana yang singkat, cobalah untuk pinjam dana lewat Kredivo. Download sekarang aplikasinya lewat Google Play Store maupun App Store secara gratis. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Releated

Kelebihan Belanja di Temapat online Terpercaya

Berbelanja merupakan kegiatan yang sering kita lakukan dalam sehari-hari baik perempuan atau laki-laki.¬† dengan berbelanja memang kita bisa memenuhi kebutuhan kita sehari hari maupun kebutuhan lainya. Sekarang kita tidak perlu lagi belanja secara konvensional atau datang ke toko, jika kalian sedang¬† berada dalam keadaan dimana tidak bisa pergi keluar untuk membeli barang-barang yang kalian butuhkan […]