Resep Olahan Telur Spesial Yang Wajib Anda Coba Di Rumah

Resep dan Cara Membuat Telur Balado yang Nikmat, Gak Pakai Ribet

Telur adalah salah satu bahan makanan yang mengandung banyak gizi yang baik untuk kesehatan. Bagi anak-anak telur kaya akan vitamin yang dapat mencerdaskan otak. Bukan hanya dapat mencerdaskan otak, telur juga dapat membuat berat badan anak anda menjadi naik. Nah, bagi orang yang obesitas, telur bisa menjadi makanan yang mengenyangkan. Sehingga lapar tahan lebih lama. Maka  bahan makanan sangat penting untuk dibuat masakan apa saja. Biasanya hidangan apa yang anda buat dengan telur? Jika anda membuat hidangan telur hanya digoreng saja. Maka saatnya anda berkreasi dengan membuat hidangan telur makanan khas papua.

  • Telur Balado

Hidangan telur spesial yang wajib anda buat di rumah dan tentu tidak susah membuatnya. Telur balado juga membutuhkan bahan-bahan yang tidak suliy. Anda hanya menyiapkan beberapa butir telur. 7 butir telur misalnya. Selanjutnya siapkan bahan lainnya seperti cabe merah keriting 7 buah, tomat 2 buah, bawang merah 6 buah, dan bawang putih 3 buah.

Hal yang pertama harus anda buat adalah merebus telurnya. Sambil menunggu telurnya matang, anda bisa menghaluskan bumbu. Menghaluskan dengan blender atau ulekan sesuai selera anda. selanjutnya kupas telur jika sudah matang. Kemudian goreng semua telurnya dan sisihkan. Selanjutnya bumbu yang sudah halus dioseng hingga berserat atau mengental. Jangan lupa beri garam dan gula sedikit saja. Masukan telur lalu dicampur hingga merata. Gunakan api sedang agar tidak gosong.

  • Telur Santan Tahu

Sajian olahan telur selanjutnya yang spesial adalah telur santan tahu. Bahan yang digunakan adalah telur 5 butir atau sesuai selera. Tahu 4 buah, santan kara 1 kotak, bawang merah 2 siung, bawang putih 2 siung, kunyit 1 ruas, ketumbar, merica, kemiri dan jahe. Anda bisa menggunakan tambahan sayur seperti wortel 2 buah dan kol sedikit saja.

Cara memasaknya adalah dengan merebus telur terlebih dahulu. Setelah direbus, anda kupas telurnya dan sisihkan. Anda bisa menggoreng telurnya atau tidak tergantung selera anda. Selanjutnya belah menjadi 2 tahunya dan goreng semuanya. Sambil menunggu tahu digoreng, haluskan semua bumbunya. Setelah itu siapkan wajan yang berisi minyak. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan dan beri santan kelapa. Kemudian masukan wortel yang sudah diiris. Masukan juga kol, tahu, dan telurnya. Taburi bawang goreng untuk menambah kelezatan.

  • Semur Telur Ceplok

Jika biasanya telur ceplok digoreng dan langsung dimakan dengan kecap atau saos. Maka anda bisa membuatnya menjadi spesial. Bahan yang perlu anda siapkan andalah 6 butir telur ayam, kecap manis 5 sachet, merica bubuk, bawang bombay, lengkuas 1 ruas jari, daun salam 2 buah dan gula merah.

Cara memasaknya adalah dengan menggoreng telur ceplok lalu disisihkan. Setelah itu anda iris bawang bombaynya dan tumis dengan merica bubuk secukupnya. Setelah itu masukan juga lengkuas yang sudah digeprek dan daun salam. Tumis hingga wangi tambahkan garam dan penyedap rasa. Beri air sedikit lalu masukkan telurnya. Sajikan dengan nasi hangat dan sambal goreng pasti lezat.

Beberapa sajian telur spesial di atas bisa anda inovasikan lagi sesuai selera anda. Telur santan tahu misalnya bisa anda ganti dengan tempe jika anda tidak suka tahu. Anda juga bisa menambahkan sayur lainnya seperti labu atau terong.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Releated

Burger King Green Pramuka Square

Burger King, apakah restoran siap saji yang cukup populer di Indonesia. Agar tidak hanya menyediakan makanan burger saja namun restoran ini menyediakan beberapa menu varian lainnya. Restoran ini banyak disukai oleh kalangan masyarakat karena rasa dari makanan tersebut sangat enak dan juga harga yang cukup terjangkau. Salah satunya Burger King ada di kawasan Green Pramuka […]